Minggu, 07 Oktober 2012

Wisata ke Jayapura

1. Lintas Batas RI-PNG

Perjalanan ke perbatasan RI-PNG di tempuh sekitar 2 jam dari pusat kota Jayapura. Perjalanan kesana melewati pemukiman transmigrasi yang kini sudah berkembang dan ramai, serta melewati hutan yang masih asli dengan jalan yang mulus dan lebar. Sesampai di batas Ri-PNG jangan lupa lapor ke petugas tapal batas dengan meninggal KTP di pos penjagaan. Jika anda ingin main-main ke kampung Wutung di PNG, maka Anda harus menyiapkan paspor dan Visa (yang dapat diurus di Kantor Imigrasi PNG di Jayapura).



2. Monumen Mac Arthur

Monumen ini terletak di Ifar Gunung, yang kemudian dikenal dengan Bukit Makatur. Konon dulunya Jendral Mac Arthur saat PD II mendarat pertama kalinya di Papua, di pelabuhan Hamadi (sekarang menjadi markas AL Jayapura), kemudian berjalan mendaki melalui Sentani. Bukit Makatur terletak di atas danau Sentani, jarak tempuh dari kota Jayapura 45 menit, melewati jalan berkelak kelok menyusuri laut Jayapura, terus dilanjutkan berkelok kelok menyusuri Danau Sentani, kemudian terus naik ke bukit. Dari bukit Makatur kita disuguhi pemandangan Danau Sentani dan landasan lapangan terbang Sentani yang terlihat dari atas. Di bukit ini ada museum dan situs ini sekarang di bawah Situs yang dilindungi perlindungan Dinas Purbakala.

Monumen Jend Mac Arthur




3. Berburu Souvenir di Hamadi

Pasar Hamadi di kenal sebagai tempat menjual berbagai souvenir khas kerajinan tangan Papua, dari suku Asmat maupun dari Lembah Baliem, Wamena. Saat ini sedang dibangun pasar Hamadi, yang nantinya bertingkat, dan dibawahnya digunakan sebagai area parkir. Di Hamadi saya membeli koteka dan berbagai gelang dari akar tanaman, teman saya membeli alat perang suku Lembah Baliem, serta lainnya membeli topi yang sering digunakan Kepala Suku terbuat dari bulu burung Kasuari.




4. Monumen Yos Sudarso
Taman IMBI, begitulah orang local menyebutnya. Taman yang saat ini difungsikan sebagai tempat nongkrong atau nonton bareng Persipura yang sedang bertanding di kandang lawan.  Letaknya tepat di pusat kota. Di taman ini terdapat patung Yos Sudarso yang dibangun untuk mengenang jasa beliau yang gugur ketika bertempur melawan Belanda di laut Arafuru pada tahun 1962


5. Pantai Base G

Salah satu pantai yang menjadi magnet adalah Pantai Base G yang terletak di sebelah Barat Kota Jayapura, Papua. Pantai Base G Berlokasi sekitar 10 km dari kota Jayapura. Dari pantai Base G kamu bisa melihat ke arah Samudera Pasifik yang merupakan pintu gerbang bagi masuknya kapal dari arah barat.

Pantai Base G masih sangat alami dan bersih dengan air pantai yang jernih lengkap dengan hamparan pasir putihnya. Air lautnya yang jernih sampai pemandangan bawah lautnya pun terlihat jelas, yang seolah mengajak kamu untuk berlama-lama. Selain menikmati suasana pantai yang indah dan nyaman, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas, antaranya berenang, mengelilingi pantai dengan perahu, memancing ataupun menyelam.
Pantai Base G ramai dikunjungi oleh wisatawan, pada siang menjelang sore hari. Disana terdapat pondok-pondok dan juga bangku yang dibangun warga setempat. Selain bangku terdapat beberapa jenis pohon yang tumbuh di tepian pantai sebagai peneduh, salah satunya adalah pohon keben.

Tidak ada salahnya untuk mampir dan menikmati sejenak keindahan dari pantai Base G saat berada di Jayapura. 


6. Kota Jayapura 

Ini adalah pemandangan Kota Jayapura dari sebuah bukit di Jayapura yg di sebut "Jayapura City". kenapa "Jayapura City"?? karena di bukit itu ada Tulisan "Jayapura City" di atasnya dan tentu saja karena dari atas sana kita bisa melihat kota Jayapura secara keseluruhan.


7. Danau Sentani

Danau Sentani merupakan salah satu danau terbesar di Papua. Airnya melimpah dan tak pernah kehabisan pasokan, ini dikarnakan ada 14 sungai besar dan kecil yang bermuara ke danau ini.
Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops yang memiliki luas hektar 245.000 hektar. Dan luas danau Sentani ini sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian kurang lebih 75 m di atas permukaan laut.
Tempat ini masih sangat asri dan sejuk, karna letaknya disekitar pegunungan. Dalam danau Sentani ini juga banyak biota endemik khas Papua. Yang unik lainnya yaitu kebudayaan masyarakatnya. Disini sering dilakukan upacara adat penyambutan tamu, dan bagi wisatawan ini bisa di jadikan tontonan yang cukup menarik.





8. Teluk Youtefa 

Pemandangan teluk ini dapat dinikmati dari pnggir jalan di Skyline... kita bisa menikmati ditemani dengan es kelapa muda yang di jual di pinggir jalan.


 9. Pantai Hamadi

Pantai ini cukup luas... dan dilindungi barisan karang yg membentang tidak jauh dari garis pantai... berpasir putih.. dan pastinya indah..

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar